Selasa, 16 Oktober 2012

Wirausaha dalam Melakukan Perencanaan dan Perekrutan Tenaga Kerja


Dunia wirausaha akhir-akhir ini semakin gencar digeluti. Sudah banyak sekali para pengusaha muda yang berhasil dalam kehidupan bisnisnya. Keberhasilan ini terkait dengan perencangan dan sistem perekrutan yang mereka gunakan dalam pengembangan wirausanya. Analisis kebutuhan tidak hanya terbatas pada penentuan jumlah dan kualitas SDM yang diperlukan dalam mencapai tujuan perusahaan, juga perlu dipertimbangkan sumber SDM yang direkrut.Apakah disekitar perusahaan atau dari luar perusahaan. Analisis kebutuhan SDM juga sangat diperlukan yaitu analisis kebutuhan merupakan jantung dari perencanaan SDM. Kalau jantungnya terganggu, tidak hanya berpengaruh terhadap kualitas perencanaan SDM, juga akan berpengaruh pada fungsi-fungsi manajemen lainnya.
Faktor-faktor pertimbangan dalam menganalisis kebutuhan SDM meliputi perubahan lingkungan eksternal dan internal. Perubahan tersebut akan membawa implikasi dalam penentuan karyawan yang tepat bagi suatu wirausaha.
Perubahan lingkungan eksternal, meliputi :
1.     Kondisi perekonomian makro seperti halnya suku bunga, inflasi dan nilai rupiah.
2.     Dari sisi hukum, politik dan sosia
3.     IPTEK
4.     Persaingan usaha

Hal-hal yang dapat dilakukan dalam upaya perekrutan pegawai :
1.     Jeli dalam memilih karyawan
Perusahaan sudah menilai pekerjaan sesuai dengan tugas dan kemampuan. Karena bila merekrut karyawan tidak sesuai dengan tugas dan kemampuan sudah bisa diprediksi pekerjaan bukannya selesai malah akan semakin berantakan. Maka perusahaan pun akan senantiasa jeli dalam memilih karyawan baru.

2.     Merilis iklan lowongan kerja baik di koran atau di internet
Sebelum merekrut karyawan baru, sebuah perusahaan biasanya sudah mempersiapkan apa tugas dan tanggungjawab yang harus dikerjakan. Kemudian, perusahaan menetapkan kriteria calon pegawai yang dibutuhkannya, akhirnya perusahaan merilis iklan lowongan kerja baik di koran atau di internet. Selanjutnya, perusahaan akan menerimaa banyak surat lamaran yang masuk setelah merilis iklan lowongan kerja. Untuk itu, perusahaan akan menyaring surat lamaran yang masuk dengan cara wawancara.

3.     Memperhatikan sikap dasar yang diperlukan perusahaan seperti kejujuran, keuletan, kedisiplinan, kecerdasan, cekatan, kemampuan bekerjasama dan sikap menghargai teman

Referensi : pusat pengembangan bahan ajar-UMB dan http://www.adetruna.com/2012/09/rahasia-perusahaan-dalam-merekrut.html

Tidak ada komentar: