Dunia wirausaha
akhir-akhir ini semakin gencar digeluti. Sudah banyak sekali para pengusaha
muda yang berhasil dalam kehidupan bisnisnya. Keberhasilan ini terkait dengan
perencangan dan sistem perekrutan yang mereka gunakan dalam pengembangan
wirausanya. Analisis kebutuhan tidak hanya terbatas pada penentuan jumlah dan
kualitas SDM yang diperlukan dalam mencapai tujuan perusahaan, juga perlu
dipertimbangkan sumber SDM yang direkrut.Apakah disekitar perusahaan atau dari
luar perusahaan. Analisis kebutuhan SDM juga sangat diperlukan yaitu analisis
kebutuhan merupakan jantung dari perencanaan SDM. Kalau jantungnya terganggu,
tidak hanya berpengaruh terhadap kualitas perencanaan SDM, juga akan
berpengaruh pada fungsi-fungsi manajemen lainnya.
Faktor-faktor pertimbangan
dalam menganalisis kebutuhan SDM meliputi perubahan lingkungan eksternal dan
internal. Perubahan tersebut akan membawa implikasi dalam penentuan karyawan
yang tepat bagi suatu wirausaha.
Perubahan lingkungan
eksternal, meliputi :
1. Kondisi
perekonomian makro seperti halnya suku bunga, inflasi dan nilai rupiah.
2. Dari
sisi hukum, politik dan sosia
3. IPTEK
4. Persaingan
usaha
Hal-hal yang dapat dilakukan dalam upaya perekrutan
pegawai :
1. Jeli dalam
memilih karyawan
Perusahaan sudah menilai pekerjaan sesuai dengan tugas dan kemampuan. Karena bila merekrut karyawan tidak sesuai dengan tugas dan kemampuan sudah bisa diprediksi pekerjaan bukannya selesai malah akan semakin berantakan. Maka perusahaan pun akan senantiasa jeli dalam memilih karyawan baru.
Perusahaan sudah menilai pekerjaan sesuai dengan tugas dan kemampuan. Karena bila merekrut karyawan tidak sesuai dengan tugas dan kemampuan sudah bisa diprediksi pekerjaan bukannya selesai malah akan semakin berantakan. Maka perusahaan pun akan senantiasa jeli dalam memilih karyawan baru.
2. Merilis iklan
lowongan kerja baik di koran atau di internet
Sebelum merekrut karyawan baru, sebuah perusahaan biasanya sudah mempersiapkan apa tugas dan tanggungjawab yang harus dikerjakan. Kemudian, perusahaan menetapkan kriteria calon pegawai yang dibutuhkannya, akhirnya perusahaan merilis iklan lowongan kerja baik di koran atau di internet. Selanjutnya, perusahaan akan menerimaa banyak surat lamaran yang masuk setelah merilis iklan lowongan kerja. Untuk itu, perusahaan akan menyaring surat lamaran yang masuk dengan cara wawancara.
Sebelum merekrut karyawan baru, sebuah perusahaan biasanya sudah mempersiapkan apa tugas dan tanggungjawab yang harus dikerjakan. Kemudian, perusahaan menetapkan kriteria calon pegawai yang dibutuhkannya, akhirnya perusahaan merilis iklan lowongan kerja baik di koran atau di internet. Selanjutnya, perusahaan akan menerimaa banyak surat lamaran yang masuk setelah merilis iklan lowongan kerja. Untuk itu, perusahaan akan menyaring surat lamaran yang masuk dengan cara wawancara.
3. Memperhatikan
sikap dasar yang diperlukan perusahaan seperti kejujuran, keuletan,
kedisiplinan, kecerdasan, cekatan, kemampuan bekerjasama dan sikap menghargai
teman
Referensi : pusat pengembangan bahan ajar-UMB dan http://www.adetruna.com/2012/09/rahasia-perusahaan-dalam-merekrut.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar