Kamis, 15 Maret 2012

Langkah dalam Pembuatan Game



Hal-hal yang diperlukan dalam pembuatan game : 

Langkah-langkah Pembuatan Game


1. Memilih tema dan jenis game
Langkah pertama yang akan kita lakukan adalah memilih tema. Selanjutnya Kita dituntut untuk memilih jenis dari permainan tersebut apakah Actions, Adventure, Puzzle, dan lain-lain.

2. Memilih background serta grafis
Selanjutnya kita harus menentukan background dan grafis yang tepat. Hal ini bertujan agar agar game terlihat lebih menarik dan pemain tidak merasa jenuh dalam memainkan game tersebut.


3. Memilih software
Pada langkah selanjutnya kita wajib memilih software yang akan digunakan dalam pembuatan game tersebut. Pemilihan software yang akan digunakan tergantung dari pemahaman yang kita ketahui atau sesuai dengan kemampuan individu.

4. Menentukan backsound
Langkah selanjutnya adalah memasukan efek musik pada game tersebut. Perhatikan latar musiknya jangan asal memasukan suara karena akan membuat game anda menjadi aneh. Maka peran Composer atau music editor akan sangat berpengaruh dengan backsound dalam game tersebut.

5. Mulai membuat game
Setelah langkah di atas selesai semua maka langkah berikutnya adalah mencoba membuat game yang sudah kita rencanakan sebelumnya.

6. Melakukan percobaan
Setelah game selesai dibuat, maka sangat penting untuk melakukan percobaan. Hal ini berguna untuk mengetahui apakah game sudah berjalan baik atau malah masih terdapat beberapa error pada segi pemograman atau kurang menarik dari segi gambar dan suara.


Software yang digunakan dalam pembuatan game

1. Game maker
Game maker merupakan suatu program yang dapat digunakan untuk pembuatan game. Program ini lebih simpel dalam segi penggunaanya.
Program ini lebih fokos pada pembuatan game 2D, karena feature 3D yang diberikan hanya untuk membuat game 3D yang sederhana.




2. RPG Maker

Tingkat kesulitan penggunaan program ini juga terbilang ringan, artinya kita bisa lebih mudah memahami icon-icon yang ada didalamnya. RPG Maker merupakan program yang digunakan untuk membuat game bertipe R.P.G (Role Playing Game).

3.AGS( Adventure Game Studio)
AGS adalah program yang khusus untuk membuat game bertipe “point and click”. “point and click” biasanya kita jumpai pada permainan puzzel, dimana kita biasanya disuruh untuk menyelaraskan warna atau gambar dengan cara mengkilk gambar tersebut.

4. Macromedia Flash (Sekarang Adobe Flash)
Program ini sebetulnya digunakan untuk membuat presentasi atau mendisain web. Akan tetapi jika kita ingin membuat game sederhana program ini dapat digunakan.

BERDASARKAN JENIS "PLATFORM" ATAU ALAT YANG DI GUNAKAN :

1.Arcade games

Adalah game yang biasa menggunakan box atau tempat khusus dalam proses bermainnya, game ini membuat kita berasa nyata dalam memainkannya seperti adanya peralatan yang nyata kita pegang untuk menggerakan game tersebut, contoh yang sering di jumpai adalah gamepgame yang tersedia di timezone dan sejenisnya.

2.Mobile games

yaitu game yang dapat dimainkan atau memang sudah di atur untuk digunakan di HP.

BERDASARKAN "GENRE" PERMAINANNYA :

1. Aksi – Shooting

Game ini biasanya berisi adegan yang menggunakan kekuatan fisik, seperti tembak menembak, pukul, tendang dan lain sebagainya. Biasanya game ini dimainkan dengan cara melawan satu penjahat atau beberapa tim lawan.

2. Aksi – Petualangan

Permainan ini adalah jenis permainan yang bersifat petualangan, contohnya petualangan untuk mencari kunci tertentu, mencari harta karun dan lain sebagainya dengan cara menelusuri setiap area petualangan seperti gua bawah tanah, melompati bebatuan di antara lahar, bergelayutan dari pohon satu ke pohon lain, dan lain sebagainya.





 











Tidak ada komentar: