Senin, 17 Desember 2012

Website Pembelajaran Fisika


Website Pembelajaran Fisika
alamat Webnya : http://www.fisikanet.lipi.go.id/

Penjelasan mengenai Web tersebut :

Web ini dibuka pada tanggal 17 agustus 2000, Ide awal situs berasal dari Dr. L.T. Handoko (LIPI), sekaligus sebagai perintis awal dimulainya situs. Dibuat dengan tujuan memberikan ilmu atau pembelajaran kepa para penggiat ilmu fisika. Dengan memanfaatkan teknologi internet, situs ini diharapkan banyak memberikan manfaat bagi para pembacanya.
Motivasi awal dibentuknya Web ini :
  1. Adanya peningkatan aktifitas online komunitas fisika global jauh melewati komunitas lainnya. Bahkan untuk beberapa sub-bidang fisika yang terkait dengan teoritik, hampir semua aktifitas ilmiah telah dilakukan secara online penuh. Sehingga bila fenomena ini tidak segera diantisipasi akan semakin memperlebar kesenjangan aktifitas ilmiah di Indonesia dan dunia luar.
  2. Rendahnya aktifitas ilmiah fisika Indonesia ditinjau dari standar global. Hal mana secara tidak langsung tercermin dari rendahnya kontribusi komunitas fisika terhadap kemajuan bangsa di segala bidang.
  3. Dilain pihak sarana internet menjanjikan kemungkinan dilakukannya terobosan baru untuk memecahkan masalah internal komunitas fisika guna meningkatkan aktifitas dan kontribusinya terhadap masyarakat.
Tujuannya :
  1. Memanfaatkan sarana internet secara optimal sebagai alat untuk meningkatkan aktifitas ilmiah komunitas fisika Indonesia.
  2. Memberikan tempat untuk referensi online dari aneka hal terkait dengan ilmu fisika dalam Bahasa Indonesia.
  3. Yang dimaksud dengan referensi online adalah dibatasi pada informasi ilmiah terkait dengan substansi serta kegiatan ilmiah di bidang fisika, tetapi tidak termasuk diskusi ilmiah. Oleh karenanya, situs ini tidak menyediakan ruang untuk diskusi terbuka maupun penyajian komentar seperti layaknya blog.
  4. Menjadikan situs ini sebagai perintis aktifitas online komunitas fisika Indonesia secara nyata dan bisa langsung dirasakan manfaatnya.


Tidak ada komentar: